Rabu, 16 Desember 2009

Chatting

Selain mengirim atau menerima email, kita juga dapat memanfaatkan fasilitas chatting yang ada di internet untuk berkomunikasi dengan pengguna chatting di seluruh dunia. Chatting merupakan aktivitas yang cukup popular di internet. Orang-orang berkumpul dari berbagai suku, bangsa, benua,ras, umur, danjenis kelamin untuk berdiskusi secara online melalui internet. Umumnya percakapan mereka dilakukan dalam bentuk ketikan atau teks. Saat ini, dengan perkembanganteknologi yang pesat, chatting dapat dilakukan dalam bentuk audio maupun video.

Agar kamu dapat melakukan chatting, computer yang digunakan harus mempunyai program Internet Relay Chatt (IRC). Program ini dapat digunakan ketika kamu sedah terhubung ke jaringan internet dan masuk ke salah satu server yang menyediakan fasilitas IRC. Adapun IRC merupakan suatu tempat bertemu semua orang dari seluruh dunia secara virtual sehingga dapat berkomunikasi secara langsung.

Contoh aplikasi chatting diantaranya MIRC, YM, JDIRC ,MXit, The Palace, Worlds Chat, Virtual Places, Microsoft’s Comic Strip, Skype, Google Talk, Facebook, MIG33, nimbuzz, e-buddy, friendster.

Dalam chatting, tak sedikit orang yang punya banyak teman dari seluruh dunia. Ada juga yang menemukan pasangan hidup mereka. Ada dampak positive dan negativenya. Dampak positivenya kita dapat mempunyai teman baru dalam waktu yang tidak lama dan kita bisa berbagi cerita atu pengalaman dengan mereka. Tapi dampak negativenya jika kita sudah kecanduan chatting, kita bisa lupa waktu dan meninggalkan pekerjaan yang sudah seharusnya kita kerjakan., kita juga hanya terpaku pada chatting dan chatting saja, padahal itu adalah dunia maya dan tidak nyata. Dan bisa juga program ini disalah gunakan. Misalnya oleh sekelompok orang menawarkan narkotik melalui chatting, dan lain-lainnya. Jadi jika kita melakukan chatting ambil positivenya saja.

Tidak ada komentar: